image

Sebelum bumi terbentuk, bumi banyak sekali mengalami zaman perubahan. Dari mulai Zaman pembentukan bumi, sampai zaman munculnya kehidupan manusia. Nah sekarang saya akan menjelaskannya secara singkat kepada sobat semuanya. Check it dot….
Kehidupan dibumi terbagi menjadi beberapa zaman, yaitu :

1. Zaman Prakambrium
Pada zaman ini belum ada kehidupan walau dalam bentuk yang paling sederhana (bersel satu) sekalipun. Sebab bumi baru saja mendingin. Waktu untuk mendingin, bumi memerlukan waktu 3500 juta tahun.. Wah lama sekali ya?!!

2. Masa Paleozoikum
Pada masa Paleozoikum (zaman kehidupan tertua) sudah mulai terdapat kehidupan sederhana sobat, terutama dilaut. Misalnya golongan Coelenterata (ubur-ubur), Antropoda (udang), Trilobita/Moluska (siput), Vertebrata (kehidupan bebas), kerang, ikan bertulang rawan, dan amfibi. Dan pada akhir zaman ini (perm) telah muncul jenis reptil sederhana yaitu kura-kura. Tumbuh-tumbuhan yang muncul adalah jenis pakuan yang hidup dirawa-rawa dan mulai meluas sejak zaman karbon. Karena itu endapan organisme pada zaman ini akan menghasilkan batu-batu tua.

3. Masa Mesozoikum
Ditandai oleh terbentuknya cekungan laut (geosinklinal) yang akhirnya terisi oleh endapan yang tebal, meluasnya jenis pakuan dan yang sangat menonjol adalah berkembangnya hewan reptil raksasa yang panjangnya sampai 27 m. Misalnya Dinosoulia jenis Branchio saurus dan Atlanto saurus.

4. Masa Kenozoikum
Masa mesozoikum adalah masa zaman batu muda. Dibagi menjadi 2 zaman besar. Yaitu :

a. Zaman Tersier
70-7 juta tahun yang lalu. Zaman ini ditandai dengan timbulnya tenaga endogen yang dahsyat sehingga melipatkan dan mematahkan lapisan kulit bumi hingga akhirnya terbentuk rangkaian pegunungan besar diseluruh dunia. Kemudian disusul oleh adanya letusan-letusan gunung berapi sehingga membentuk relief bumi yang rumit.

b. Zaman Kuarter
2 juta-10.000 tahun yang lalu. Zaman ini mula-mula ditandai oleh menurunnya suhu bumi secara drastis sehingga terjadi lantai es yang tebal dan meluas dimana-mana karena itu zaman ini disebut zaman (Glasial). Pada zaman ini yang terpenting bagi kita sobat semua adalah telah ada tanda-tanda kehidupan manusia. Zaman ini dibagi menjadi 2 bagian. Yaitu kala Plestosin dan Holostin. Kala Plestosin tidak sepanjang masa-masa yang lain, tetapi pada kala itulah manusia mulai muncul dimuka bumi. Jadi manusia baru mulai ada pada zaman kuarter kala Plestosin. Adapun jenis manusia yang ditemukan diIndonesia adalah Megantropus, pithecanthropus dan Homo.

Semoga bermanfaat…
Tunggu postingan saya ang selanjutnya ya?? Di
http://www.renaldypamungkas.wordpress.com

Komentar
  1. astia morichan mengatakan:

    orng pertama yg ada di bumi siapa?? –“

  2. fadilla mengatakan:

    gajelas

  3. raisa nur istiqomah mengatakan:

    thanks berkat ada nya artikel ini r ku selsai semua!😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s